life base leaning pendidikan modern menurut ki hajar dewantoro

 A. Pendahuluan
         Ki Hajar Dewantara memiliki nama asli R.M. Suwardi Suryaningrat. Beliau berasal dan keluarga keturunan Keraton Yogyakarta. Beliau mengganti namanya tanpa gelar bangsawan agar dapat lebih dekat dengan rakyat. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, beliau belajar di STOVIA, tetapi tidak menamatkannya karena sakit. BeIiau kemudian bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, antara lain De Express, Utusan Hindia,dan Kaum Muda. Sebagai penulis yang handal, tulisannya mampu membangkitkan semangat antikolonialisme rakyat Indonesia. 
           Ki Hajar Dewantara adalah seorang pahlawan nasional yang banyak memberikan konstribusi pada dunia pendidikan di Indonesia.Pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan telah menjadi citra tersendiri bagi sejarah pendidikan di Indonesia. Konsep pendidikannya menampilkan kekhasan kultural Indonesia dan menekankan pentingnya pengolahan potensi-potensi peserta didik secara terintegratif. Pada titik itu pula, konsep pendidikannya sungguh kontekstual untuk kebutuhan generasi Indonesia pada masa itu. 
        Di Indonesia, pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai pendidikan telah menjadi citra tersendiri bagi sejarah pendidikan Indonesia. Ia adalah embrio model pendidikan klasik Indonesia yang dulu dipandang cocok dan ideal untuk mengembangkan dan mengaktualkan potensi-potensi generasi muda Indonesia (kognitif, afektif, psikomotorik, konatif) dan aspek-aspek personal lainnya seperti dimensi sosialitas dan spiritualitasnya. Refleksi dan evaluasi atas perkembangan pendidikan Indonesia, dengan segudang persoalannya dewasa ini, mestinya berangkat dari sana. Upaya demikian memang tidak mudah, sebab munculnya persoalanpersoalan pendidikan dewasa ini tidak terlepas dari kerangka upaya menanggapi tantangan zaman seperti yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara tempo dulu. 
          Dalam dunia pendidikan, ada beberapa ciri ideologi-ideologi mendasar yang diterapkan oleh Kihajar Dewantara yang mungkin berbeda dengan para tokoh pendidikan lainnya. Berikut ini saya jabarkan sembilan tema mendasar dari ideologi yang digunakan oleh Kihajar Dewantara. 
B. Ciri Ideologi Pendidikan Kihajar Dewantara dalam Sembilan Tema Mendasar 
 1. Tujuan Pendidikan 
          Menurut Ki Hajar Dewantara, tujuan dari pendidikan adalah penguasaan diri, sebab disinilah pendidikan memanusiakan manusia (humanisasi). Penguasaan diri merupakan langkah yang dituju untuk tercapainya pendidikan yang memanusiawikan manusia.Pendidikan yang menjadi cita-cita Ki Hajar Dewantara adalah membentuk anak didik menjadi manusia yang merdeka lahir dan batin. Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara ini sesuai dengan konsep pendidikan humanistik. Pemikiran pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dapat dilihat dari pandangan Ki Hajar Dewantara tentang konsep manusia dan pendidikan. Pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara menurut pandangan Islam antara lain meliputi: 
  1. Hakekat manusia yang memiliki kodrat alam yang merupakan potensi dasar manusia yang disejajarkan dengan fitrah manusia; 
  2. Tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara jika dilihat dalam pandangan Islam adalah menjadi manusia yang merdeka dan mandiri sehingga menjadi pribadi yang membuatnya menjadi insan kamil dan mampu memberi konstribusi kepada masyarakatnya; 
  3. Konsep Tut Wuri Handayani yang merupakan bagian dari metode among dalam Islam sama dengan metode keteladanan, metode kisah, metode nasehat, dan metode targhib dan tarhid; 
  4. Pendidikan budi pekerti Ki Hajar Dewantara dalam Islam sama dengan pendidikan akhlak sehingga seseorang menjadi manusia yang dapat menghormati dan menghargai manusia lainnya dan dapat tercipta pendidikan humanistik. 
          Kontribusi pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan nasional antara lain sebagai peletak dasar pendidikan nasional, pencetus konsep pendidikan demokrasi dalam pendidikan yang semuanya terformulasikan dalam slogan pendidikan nasional Tut Wuri Handayani. 
         Untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang sangat kompleks tersebut, Ki Hajar Dewantara membagi tugas pada tiga pusat pendidikan yang memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Ketiga pusat pendidikan tersebut adalah: 
  1. Keluarga buat mendidik budi pekerti dan laku social 
  2. Perguruan, sebagai balai-wiyata, yaitu buat usaha mencari dan memberikan ilmu pengetahuan, di samping pendidikan intelek 
  3. Pergerakan pemuda, sebagai daerah merdekanya kaum muda atau “kerajaan pemuda”, untuk melakukan penguasa diri, yang amat perlunya buat pembentukan watak. 
          Dari penjabaran di atas terlihat bahwa seorang Kihajar Dewantara memiliki sifat liberasionisme dalam tujuan pendidikannya. Dimana sifat liberasionisme dalam tujuan pendidikan yaitu mendorong pembaharuan/ perombakan sosial yang perlu dengan cara memaksimalkan kebebasan personal di sekolah dan dengan mengangkat kondisi-kondisi yang lebih berkemanusiaan dan memanusiakan dalam masyarakat secara luas. 
2. Tujuan Sekolah 
          Berbicara soal sekolah, taman siswa adalah nama yang tidak asing buat pendidikan Indonesia. Tamansiswa berdiri pada 3 Juli 1922, pendirinya adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat atau yang biasa dikenal dengan Ki Hajar Dewantara. Awal pendirian Taman Siswa diawali dengan ketidakpuasan dengan pola pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial, karena jarang sekali negara kolonial yang memberikan fasilitas pendidikan yang baik kepada negara jajahannya. Beliau mendirikan Taman Siswa bertujuan untuk pendidikan pemuda Indonesia dan juga sebagai alat perjuangan bagi rakyat Indonesia. Tujuan Taman Siswa adalah membangun anak didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, merdeka lahir batin, luhur akal budinya, cerdas dan berketerampilan, serta sehat jasmani dan rohaninya untuk menjadi anggota masyarakat yang mandiri dan bertanggung jawab atas kesejahteraan bangsa, tanah air, serta manusia pada umumnya. Meskipun dengan susunan kalimat yang berbeda namun tujuan pendidikan Taman Siswa ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. 
          Manusia merdeka adalah tujuan pendidikan Taman Siswa. Merdeka baik secara fisik, mental dan kerohanian. Namun kemerdekaan pribadi ini dibatasi oleh tertib damainya kehidupan bersama dan ini mendukung sikap-sikap seperti keselarasan, kekeluargaan, musyawarah, toleransi, kebersamaan, demokrasi, tanggungjawab dan disiplin. Sedangkan maksud pendirian Taman Siswa adalah membangun budayanya sendiri, jalan hidup sendiri dengan mengembangkan rasa merdeka dalam hati setiap orang melalui media pendidikan yang berlandaskan pada aspek-aspek nasional. 
        Dari penjabaran di atas terlihat bahwa Kihajar Dewantar memiliki sifat liberasionisme dalam tujuan sekolahnya. Dimana sifat liberasionisme dalam tujuan sekolah yaitu membantu siswa untuk mengenal dan menanggapi kebutuhan akan pembaharuan sosial yang perlu. Serta menyediakan informasi dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan oleh siswa supaya bisa belajar sendiri secara efektif. 
3. Ciri - Ciri Umum 
        Untuk mencapai tujuan pendidikannya, Taman Siswa menyelanggarakan kerja sama yang selaras antar tiga pusat pendidikan yaitu lingkungan keluarga, lingkungan perguruan, dan lingkungan masyarakat. Pusat pendidikan yang satu dengan yang lain hendaknya saling berkoordinasi dan saling mengisi kekurangan yang ada. Penerapan sistem pendidikan seperti ini yang dinamakan sistem Trisentra pendidikan atau Sistem Tripusat pendidikan. Pendidikan Taman siswa berciri khas Pancadarma, yaitu Kodrat Alam (memperhatikan sunatullah), Kebudayaan (menerapkan teori Trikon), Kemerdekaan (memperhatikan potensi dan minat maing-masing individu dan kelompok), Kebangsaan (berorientasi pada keutuhan bangsa dengan berbagai ragam suku), dan Kemanusiaan (menjunjung harkat dan martabat setiap orang). 
          Dari penjabaran di atas terlihat bahwa Kihajar Dewantara memiliki sifat liberasionisme dalam ciri-ciri umum ideologi pendidikannya. Dimana salah satu bentuk sifat liberasionisme yang di anutnya yaitu pendidikan sebagai perwujudan utuh setiap potensi yang ada pada diri setiap orang, sebagai sosok manusia yang berbeda dari manusia lainnya. 
 4. Anak Sebagai Pelajar 
         Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan menempatkan anak didik tidak hanya sebagai obyek pendidikan, akan tetapi juga menempatkan anak didik sebagai subyek pendidikan. Dengan begitu pendidikan tidak boleh merasa kuasa yang bisa berbuat sesuka hati atas anak didik. Sebaliknya, anak didik juga tidak boleh merasa berhak dan berkuasa menuntut pendidik apabila mereka tidak berhasil ketika mereka keluar dari suatu lembaga pendidikan. 
         Kemudian bahan pelajaran atau sejumlah mata pelajaran yang perlu diajarkan kepada para siswa harus sesuai dengan tingkatannya, yakni usia kanak-kanak, usia anak/remaja dan usia dewasa. Kesesuaian mata pelajaran dengan tingkat usia anak ini amat mendapatkan perhatian dan penekanan yang spesifik dari Ki Hajar. 
          Ki Hajar Dewantara memberikan kebebasan siswanya untuk menemukan sendiri makna yang terkandung dalam materi yang di ajarkanya namun tetap melalui bimbingannya. Siswa ditempa secara berulang-ulang agar faham secara keseluruhan karena ia menyadari bahwa setiap siswa memiliki daya nalar yang berbeda-beda. 
          Dari penjabaran di atas terlihat bahwa Ki Hajar Dewantara memiliki sifat liberasionisme dalam indikator anak sebagai pelajar dalam ideologi pendidikannya. Dimana salah satu bentuk dari sifat liberasionisme dalam indikator anak sebagai pelajar yaitu anak cenderung untuk menjadi baik (yakni menginginkan tindakan yang efektif dan tercerahkan) jika diasuh dalam masyarakat yang baik (yakni masyarakat yang rasional dan berkemanusiaan). 
5. Administrasi dan Pengendalian Pendidikan 
        Pendidikan Taman Siswa dilaksanakan berdasar Sistem Among, yaitu suatu sistem pendidikan yang berjiwa kekeluargaan dan bersendikan kodrat alam dan kemerdekaan. Dalam sistem ini setiap pendidik harus meluangkan waktu sebanyak 24 jam setiap harinya untuk memberikan pelayanan kepada anak didik sebagaimana orang tua yang memberikan pelayanan kepada anaknya. Sistem Among tersebut berdasarkan cara berlakunya disebut Sistem Tut Wuri Handayani. Dalam sistem ini orientasi pendidikan adalah pada anak didik, yang dalam terminologi baru disebut Student Centered. Di dalam sistem ini pelaksanaan pendidikan lebih didasarkan pada minat dan potensi apa yang perlu dikembangkan pada anak didik, bukan pada minat dan kemampuan apa yang dimiliki oleh pendidik. Apabila minat anak didik ternyata akan ke luar “rel” atau pengembangan potensi anak didik di jalan yang salah maka pendidik berhak untuk meluruskannya. 
         Kihajar Dewantara mengendalikan pendidikan yaitu dari satria pinandita ke pinandita satria yaitu dari pahlawan yang berwatak guru spiritual ke guru spiritual yang berjiwa ksatria, yang mempersiapkan diri dan peserta didik untuk melindungi bangsa dan negara. Sistem pendidikan bagi Ki Hajar Dewantara, para guru hendaknya menjadi pribadi yang bermutu dalam kepribadian dan kerohanian, baru kemudian menyediakan diri untuk menjadi pahlawan dan juga menyiapkan para peserta didik untuk menjadi pembela nusa dan bangsa. Dengan kata lain, yang diutamakan sebagai pendidik pertama-tama adalah fungsinya sebagai model atau figure keteladanan, baru kemudian sebagai fasilitator atau pengajar. Kewenangan guru didasarkan pada ketajaman inteleknya dan keterlibatannya secara sosial. 
         Dari penjabaran di atas terlihat bahwa Ki Hajar Dewantara menganut sifat liberasionisme dalam indikator administrasi dan pengendalian pendidikan. Salah satu bentuk dari sifat liberasionisme dalam administrasi dan pengendalian pendidikan yaitu kewenangan pendidikan ditanamkan pada minoritas yang tercerahkan yang terdiri dari kaum intelektual yang bertanggung jawab, yang sepenuhnya menyadari adanya kebutuhan objektif untuk melakukan perubahan-perubahan sosial yang bersifat membangun, dan yang mempu menanamkan perubahan-perubahan semacam itu lewat sekolah-sekolah. Kewenangan guru didasarkan pada ketajaman inteleknya dan keterlibatannya secara sosial. 
6. Sifat-Sifat Hakiki Kurikulum 
        Sebagai seorang pemikir dan praktisi pendidikan, Ki Hajar dalam berbagai bukunya tidak terlibat dalam mengartikan kurikulum secara teknis. Namun secara substansial, dapat dijumpai bahwa Ki Hajar dengan caranya sendiri banyak membicarakan masalah kurikulum, yakni kurikulum dalam arti konvensional, yaitu nama-nama mata pelajaran yang perlu diajarkan kepada para siswa sesuai dengan tingkatannya. Dalam kaitan ini, Ki Hajar Dewantara antara lain mengatakan sebagai berikut: ” Pelajaran yang dibolehkan kepada anak-anak boleh dibagi menjadi dua. Pertama, mata pelajaran yang selain memberi pengetahuan atau kepandaian juga berpengaruh kepada kemajuan batin, dalam arti memasakkan (mematangkan) pikiran, rasa dan kemauan. Sedangkan yang Kedua, adalah mata pelajaran yang akan memberi bekal pada anak-anak untuk hidupnya kelak dalam dunia pergaulan umum; yaitu mata pelajaran yang meliputi lapangan kultural dan kemasyarakatan”. 
          Pada bagian berikutnya Ki Hadjar mengatakan: Bahwa pelajaran yang menajamkan pikiran dan berdasarkan kemasyarakatan itu umumnya menjadi pokoknya program pendidikan secara Barat, yang kita jumpai dalam sistem sekolah dengan ekor-ekornya: intelektualisme dan materialisme, yaitu mendewakan angan-angan dan keduniaan. Adapun pendidikan secara Timur yang sekarang juga mulai dimasukkan dalam cara pendidikan di Eropa, biasanya mengutamakan keluhuran budi pekerti. Selain mempertimbangkan faktor-faktor keseimbangan hidup sebagaimana tersebut di atas, maka pelajaran (kurikulum) yang diberikan kepada anak didik juga harus bertolak dari kodrat manusia yang memiliki sifat dan ciri-ciri kejiwaan yang sesuai dengan perkembangan usianya. Pemikiran dan gagasan Ki Hajar Dewantara dalam bidang kurikulum terlihat sangat dipengaruhi oleh semangat kemandirian yang dibangunnya dengan bertumpu pada budanya bangsa sendiri, yaitu budaya Indonesia. Sungguhpun ia dibesarkan daalam lingkungan pendidikan Belanda, tapi ia laksana ia dalam laut. Sungguhpun air laut itu asin, tapi ikan tidak asin, kecuali sengaja diasin. Ki Hajar Dewantara memperlihatkan kejeniusan, keorisinalan, dan kemandirinya dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum (mata pelajaran). Ia ingin mandiri dan tidak mau menjiplak produk Belanda. Ia ingin menunjukkan bahwa bangsa Indonesia juga dapat mengurus dan merumuskan sendiri tentang pendidikan yang terbaik bagi bangsanya. 
          Dari penjabaran di atas terlihat bahwa Kihajar Dewantara menganut sifat liberasionisme dalam sifat-sifat kurikulum. Salah satu bentuk sifat liberasionisme dalam sifat-sifat kurikulum yaitu menekankan pilihan pelajaran dalam batas-batas yang secara umum ditetapkan / baku. 
 7. Mata Pelajaran 
         Sesuai dengan penjelasan kurikulum diatas, Ki Hadjar dewantara menguraikan bahan pelajaran sebagai berikut: 
Pertama, untuk anak usia Taman Kanak-kanak hendakya diajarkan: 
  1. Permainan dan olahraga dengan nyanyian anak-anak dan tari (pemeliharaan badan secara rhytms), 2) Nyanyian rakyat (macapat, tembang, dan gending di tanah Jawa); menggambar corak dan warna, merangkai bunga, menyulam daun pisang yang disobek-sobek atau janur. Latihan ini diberikan untuk kesempurnaan pancaindera yang dihubungkan dengan rasa, 
  2. Cerita yang berwujud dongeng,mitologis dan historis (tambo hanya yang mengenai daerahnya) dihubungkan dengan pelajaran bahasa dan lagu (metode Sari Swara), dan 
  3. Pelajaran mengenal keadaan tempat kelilingnya si anak selaku persediaan pelajaran ilmu alam, ilmu kodrat, ilmu bumi, dan ilmu negeri (kemasyarakatan dan kenasionalan). 
Kedua, untuk taman muda (masa wiraga wirama), hendaknya diberikan pelajaran: 
  1. Olahraga, pencak dan tari, 
  2. Nyanyian (di tanah Jawa: tembang macapat, tembang gede, dan tembang gending), dan buat yang cakap dengan disertai gamelan (instrumental), selanjutnya menggambar menurut kepandaian dan mulai berkenalan dengan alam kesenian Indonesia Raya dan Asia, 
  3. Bahasa dan cerita keseusasteraan, tambo dan keagamaan, mulai dari alam daerah, kemudian alam Indonesia dan akhirnya ikhtisar dari Asia, 
  4. Pengetahuan tentang kodrat alam, bumi, negeri dan pergaulan umum di tanah airnya, di daerah Asia dan di benua lain-lainnya. 
        Ketiga, untuk taman dewasa (masa wirama) hendaknya diajarkan: 
  1. Olahraga diteruskan dengan tujuan agar dapat mempertahankan diri, 
  2. Tari dilanjutkan nyanyian dan gending, menggambar dan kesenian lain-lainnya dimajukan, mulai belajar mengenal alam kesenian asing (Eropa), 
  3. Bahasa dan cerita keseusasteraan daerah dan Indonesia, bahasa asing yang dapat menghubungkan alam nasional (batin dan lahir) dengan alam dunia (bahasa Inggris), ilmu keagamaan, ”mythen” dan ”legenden” dari luar Indonesia, 
  4. Ilmu negeri dari Indonesia sekarang dan dahulu serta pokok pangkalnya sosiologi dan ekonomi, penuntun anak-anak mengadakan perhimpunan umum, koperasi, perusahaan, majalah, debating club, dan badan pertolongan dan sebagainya. 
        Ki Hadjar juga menganjurkan, sebaiknya setiap pendidikan yang diberikan kepada anak didik itu didasarkan atas ”ilmu syarat-syarat pendidikan”. Pendidikan yang teratur yaitu pendidikan yang bersandar atas pengetahuan, yang dinamakan ”ilmu pendidikan”. Ilmu ini tidak berdiri sendiri, akan tetapi masih memakai ilmu-ilmu lainya, sebagaimna tersebut di atas, yaitu ”ilmu syarat-syarat pendidikan” (hulpwetenschappen). Ilmu ini terdiri dari lima jenis, antara lain: (1) ilmu hidup batin manusia (ilmu jiwa, psychologie), (2) ilmu hidup jasmani manusia (fysiologie), (3) ilmu keadaan data kesopanan (etika atau moral), (4) ilmu keindahan atau ketertiban lahir (aesthetika), dan (5) ilmu tambo pendidikan (ikhtisar cara-cara pendidikan). Ki Hadjar, dalam menjalankan proses pendidikan di Tamansiswa, juga menggunakan seni sebagai salah satu sarana pendidikan. Dimasukkannya bidang seni dalam kurikulum pendidikannya, hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan antara intelektualitas dan budi pekerti. Pendidikan seni ini bukannya untuk menjadikan anak didik sebagai seniman, melainkan untuk menghidupkan dan mengembangkan kemampuan penghayatan estetika mereka. Karena melalui seni, muatan pelajaran etika, norma, dan perilaku dapat disampaikan kepada anak didik. Dan menurutnya juga, kesenian yang mempunyai keteraturan (wirama), kelembutan (wirasa), dan keindahan (wiraga) akan sangat berpengaruh dalam pembentukan kepribadian anak. 
        Dari penjabaran di atas terlihat bahwa Kihajar Dewantara menganut sifat liberasionisme dalam mata pelajaran. Salah satu bentuk sifat liberasionisme dalam mata pelajaran yaitu menekankan problema-problema dan isu-isu sosial yang kontroversial; menekankan pengenalan dan analisis terhadap nilai-nilai dan pra anggapan – pra anggapan yang melatarbelakangi kepedulian khusus terhadap penerapan apa yang dipelajari di kelas dalam kegiatan-kegiatan yang punya arti sosial penting di luar kelas; secara tipikal menampilkan pendekatan-pendekatan yang berpusat pada problema, antar disiplin keilmuan yang mencakup wilayah psikologi, filosofi, kesusastraan masa kini, sejarah dan ilmu-ilmu sosial dan behavioral. 
8. Metoda – Metoda Pengajaran 
        Menurut Ki Hajar, yang dimaksud dengan metode pendidikan adalah alat-alat yang pokok atau cara-caranya mendidik. Ia berpendapat, bahwa cara atau metode dalam mendidik anak-anak itu amat banyak, akan tetapi pada inti pokoknya dapat dibagi menjadi lima macam metode, diantaranya: 
a) metode memberi contoh (voorbeeld) 
b) metode pembiasaan (pakulinan, gewoontevorming) 
c) metode pengajaran (leering, wulang-wuruk) 
d) metode perintah, paksaan dan hukuman (regeering en tucht) 
e) metode laku (zelfbeheercshing, zelfdiscipline) 
f) metode pengalaman lahir dan batih (nglakoni, ngrasa, beleving). 
        Sedangkan metode-metode lainnya, yang digagas Ki Hadjar dalam proses pendidikannya, adalah: 
  1. Metode keterampilan (Pekerjaan Tangan). Taman Indrya mulai zaman Belanda, dalam segala pelajaran dan kesibukannya, serta pemberian kesenangan kepada anak-anak, selalu dicari hubungan dan kesesuaian dengan alam anak-anak rakyat sendiri. Misalnya anak-anak dipelajari membuat segala pekerjaan tangan dengan daun-daunan, rumput, lidi, dan lainnya (seperti membuat topi, mahkota, wayang, bungkus ketupat, barang-barang hiasan, dan lain-lain); mengutas bermacam-macam kembang hingga menjadi gelang, kalung dan hiasan-hiasan pakaian lainnya dengan serba indah. Maksud daripada metode tersebut adalah agar anak-anak jangan sampai hidup berpisahan dengan masyarakatnya. 
  2. Metode seni suara, tari, dan drama, dalam kelangsungan penerapan metode ini, Ki Hadjar Dewantara mulai mengarang buku yang diberi judul metode “Nyanyi Jawa” (sari swara), untuk perguruannya Tamansiswa pada tahun 1930. Metode ini, ia tidak diberi nama metode Dewantara, akan tetapi diberi nama metode “sari swara”. 
  3. Metode ”Asah, Asih, Asuh” (care and dedication based on love), metode ini sesuai dengan sistem pendidikan yang digagas Ki Hadjar Dewantara, yaitu ”sistem among”. 
  4. Metode ”Tri-Kon” (Kontinu, Konvergen, Konsentris). Pendidikan Ki Hadjar tidak bersifat statis dan konservatif. hal ini dapat dilihat dari teorinya tentang kebudayaan yaitu teori ”Tri-Kon”: (a) Kontinu,maksudnya Kontinu dengan apa yang telah silam, (b) Konvergen, dengan jalannya kebudayaan-kebudayaan lainnya, dan (c) Konsentris, dalam peraturan yang besar, yaitu bersatu namun tetap mempunyai sifat kepribadian. 
  5. Metode ”Tri-Nga”, yang terdiri dari ngerti (mengetahui), ngrasa(memahami) dan nglakoni (melakukan). Maknanya ialah, tujuan belajar itu pada dasarnya ialah meningkatkan pengetahuan anak didik tentang apa yang dipelajarinya, mengasah rasa untuk meningkatkan pemahaman tentang apa yang diketahuinya, serta meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan apa yang dipelajarinya. 
  6. Metode ”Tri Pusat Pendidikan (Tri Senta Pendidikan)”, menurut Ki Hadjar Dewantara metode atau proses ”memanusiakan” manusia tersebut harus dilaksanakan di tiga lembaga yaitu lembaga keluarga, sekolah dan masyarakat yang disebut dengan ”Tri Pusat Pendidikan” atau ”Tri SentraPendidikan”. Ki Gunawan menjelaskan bahwasannya dengan pandanagn seperti itu Ki Hadjar tidak memandang sekolah atau perguruan sebagai lembaga yang mempunyai otoritas mutlak dalam pendidikan seorang anak. Ki Hadjar justru memandang pendidkan sebagai proses yangmelibatkan unsur-unsur lain di luar perguruan menurut kapasitasnya masing-masing.[22] 
  7. Metode natur dan evolusi, Ki Hadjar memberikan komentar bahwa sesungguhnya metode pendidikan Taman Kanak-kanak yang dikemukakan oleh Frobel dan Montesori sebenarnya sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri, yaitu metode Natur dan Evolusi (kodrat iradat), atau metode kaki among nini among, yaitu metode among siswa. 
        Dari penjabaran di atas terlihat bahwa KH. Ahmad Dahlan memiliki sifat liberasionisme dalam metode pengajaran dan penilaian hasil belajar. Salah satu bentuk dari sifat liberasionisme dalam metode pengajaran dan penilaian hasil belajar yang dianutnya yaitu cenderung ke arah penekanan yang kurang lebih setara terhadap pemahaman tentang problema (pengenalan masalah secara tepat) dan pemecahan masalah (penyelesaiannya), serta memandang guru sebagai model/ panutan tentang komitmen intelektual serta keterlibatan sosial. Selain itu juga cenderung memandang yang kognitif serta yang afektif sebagai sebuah aspek dati yang antar pribadi, menekankan landasan sosial bagi segenap pengalaman personal. 
9. Kendali di Ruang Kelas 
        Pendidikan pada akhirnya adalah pembangunan karakter. Proses pembelajaran yang bermuatan pendidikan karakter itu dapat kita implementasikan dari ajaran pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara melalui Trilogi Pendidikan yang diajarkannya, yaitu ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. 
       Guru dituntut untuk seperti yang Ki Hajar Dewantara katakan yakni seorang yang ing ngarso sing tulodo, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani. Tut Wuri Handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik). Guru yang bukan hanya mengajar, tapi juga mendidik. 
       Dalam menyelenggarakan pengajaran dan didikan kepada rakyat, Ki Hajar menganjurkan agar kita tetap memperhatikan ilmu jiwa (psyhologie), ilmu jasmani, ilmu keadaban dan kesopanan (etika dan moral), ilmu estetika, dan menerapkan cara-cara pendidikan yang membangun karakter. 
       Seorang pendidik yang baik, kata Ki Hajar Dewantara, harus tahu bagaimana cara mengajar, memahami karakter peserta didik dan mengerti tujuan pengajaran. Agar dapat mewujudkan hasil didikan yang mempunyai pengetahuan yang mumpuni secara intelektual maupun budi pekerti serta semangat membangun bangsa. 
       Dari penjabaran di atas terlihat bahwa Ki Hajar Dewantara memiliki sifat liberasionisme dalam indikator kendali di ruang kelas. Salah satu bentuk dari sifat liberasionisme dalam indikator kendali di ruang kelas yaitu demokratis dan objektif dalam menentukan tolak ukur kelakuan, seringkali ingin agar siswa menentukan tolak ukur kelakuan mereka sendiri dengan bekerja sama dengan guru, sebagai cara mengembangkan rasa tanggung jawab moral. 
C. Kesimpulan 
        Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara menempatkan kemerdekaan sebagai syarat dan juga tujuan membentuk kepribadian dan kemerdekaan batin bangsa Indonesia agar peserta didik selalu kokoh berdiri membela perjuangan bangsanya. Karena kemerdekaan menjadi tujuan pelaksanaan pendidikan, maka sistim pengajaran haruslah berfaedah bagi pembangunan jiwa dan raga bangsa. Untuk itu, di mata Ki Hajar Dewantara, bahan-bahan pengajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan hidup rakyat. 
      Bagi Ki Hajar Dewantara, pendidikan tidak boleh dimaknai sebagai paksaan; kita harus mengunakan dasar tertib dan damai, tata tentram dan kelangsungan kehidupan batin, kecintaan pada tanah air menjadi prioritas. Karena ketetapan pikiran dan batin itulah yang akan menentukan kualitas seseorang. Memajukan pertumbuhan budi pekerti- pikiran merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan, agar pendidikan dapat memajukan kesempurnaan hidup. Yakni: kehidupan yang selaras dengan perkembangan dunia. Tanpa meninggalkan jiwa kebangsaan. 
       Dunia terus mengalami perkembangan, pergaulan hidup antar satu bangsa dengan bangsa lainnya tidak dapat terhindarkan. Pengaruh kebudayaan dari luar semakin mungkin untuk masuk berakulturasi dengan kebudayaan nasional. Oleh karena itu, seperti dianjurkan Ki Hajar Dewantara, haruslah kita memilih mana yang baik untuk menambah kemulian hidup dan mana kebudayaan luar yang akan merusak jiwa rakyat Indonesia dengan selalu mengingat: semua kemajuan dilapangan ilmu pengetahuan harus terorientasikan dalam pembangunan martabat bangsa. 
        Berbagai ideologi pendidikan seiring dengan dasar-dasar teoritisnya masing-masing dalam etika sosial serta filosofi politik. Ideologi pendidikan yang dianut kihajar Dewantara adalah Liberasionisme, yang mana tujuan dari pendidikan seutuhnya adalah memanusiakan manusia dan memanusiakan dalam masyarakat secara luas

Sumber :
http://irmaloebis.blogspot.co.id

About the author

Admin
Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 comments:

Copyright © 2013 INOVASI PENDIDIKAN and Hadi Suryanto.